Senin, 09 Maret 2015

apa yang membedakanLaser dengan Cahaya Lain?



 APA YANG MEMBEDAKAN LASER DENGAN CAHAYA LAIN?
Laser merupakan salah satu alat yang dapat memancarkan cahaya. Ada banyak alat lain yang juga bisa memancarkan cahaya, seperti lampu pijar, cahaya matahari, lampu senter dan sumber yang lainnya.
Yang menjadi pertanyaan adalah apa perbedaan antara cahaya yang dihasilkan oleh laser dengan cahaya yang dihasilkan dari alat yang lain?
Cahaya Matahari

 
Cahaya Senter

Cahaya Lampu

 


Cahaya Laser
Secara visual terlihat bahwa berkas cahaya yang dihasilkan antara cahaya laser dengan cahaya dari sumber lain berbeda. Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa cahaya yang dihasilkan laser memiliki sifat monokromatis (tunggal/hanya satu), koheren, terarah dan brightness (sifat kecerahan tinggi). Apa sebenarnya bentuk dari sifat-sifat cahaya laser tersebut. Lihatlah gambar berikut:
Perbedaan arah berkas 
foton cahaya lampu 
dengan cahaya laser


Perbedaan sifat mendasar antara cahaya laser
 dan cahaya dari sumber lain




.


Dari gambar dapat kita lihat bahwa cahaya yang dihasilkan dari laser dan yang dihasilkan dari sumber lain berbeda persebarannya. Jika cahaya yang dihasilkan dari sumber lain memancarkan berkasnya (foton) ke segala arah, karena foton yang dipancarkan ke segala arah maka gelombang elektromagnetiknya memiliki beda fase yang berbeda sehingga sifatnya tidak koheren, dan jika kita melihat cahaya yang dihasilkan matahari memiliki kecenderungan sifat polikromatik yaitu bisa memancarkan banyak warna dan banyak panjang gelombang, salah satu contohnya yaitu jika kita meneruskan cahaya matahari atau cahaya lampu (cahaya putih) pada sebuah prisma maka akan ada pembiasan warna-warna seperti warna pelangi seperti yang terlihat pada gambar berikut:
 

Itulah kenapa cahaya yang dihasilkan laser berbeda dengan cahaya yang dihasilkan dari sumber yang lain. Cahaya yang dihasilkan laser bersifat terarah artinya foton yang dipancarkan dalam satu arah, monokromatis yaitu hanya memiliki keluaran satu warna dan satu panjang gelombang saja. Karena cahaya yang dihasilkan searah maka bersifat koheren dan memiliki kecerahan yang tinggi. Sifat cahaya yang dihasilkan laser fokus pada satu arah dan sangat kuat, sehingga memiliki energi dan daya yang mampu dimanfaatkan di berbagai hal. Berikut adalah contoh jenis-jenis laser yang mempunyai keluaran cahaya yang berbeda-beda, dimana setiap satu laser menghasilkan satu cahaya dengan satu panjang gelombang (monokromatis).
                              
Laser Biru

Laser Merah

Laser Orange



  
 
Laser Ungu

Laser Kuning


1 komentar:

PT. TWIN Logistics mengatakan...

Dear : Custumer Import & Domestics
Kami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.



Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

Best Regards,

Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id

Posting Komentar