Kamis, 12 Maret 2015

Bahaya Sinar Ultraviolet




Semua makhuk hidup di semesta ini pasti memerlukan sinar matahari. Manusiapun membutuhkan sinar matahari dalam kehidupan dan kegiatan sehari-hari, dan juga tubuh membutuhkannya untuk kesehatan.
Sebagian besar orang beraktivitas di siang hari, sedangkan di malam han adalah waktu untuk melepas lelah. Itu sebabnya sinar matahari sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup, termasuk manusia. Disamping sebagai penerangan, sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaat Sinar matahari bagi kesehatan manusia:

·         Sinar matahari mampu membantu proses perubahan kolesterol yang berada di kulit menjadi vitamin D. Berjemur selama beberapa menit di pagi hari, tubuh kita mendapat keuntungan berupa vitamin D.
·         Karena proses pembentukan vitamin D tersebut diatas maka terjadi penurunan kadar kolesterol dalam tubuh kita.
·         Mencegah infeksi dan membunuh bakteri, Sinar matahari ternyata juga berperan membasmi virus-virus yang dapat menyebabkan kanker. Secara umum, sinar matahari mampu membunuh bakteri, virus, dan jamur yang berpotensi menyebabkan TBC (tuberculosis), peritonitis (radang selaput rongga perut), pneumonia (radang paru-paru), dan asma saluran pernapasan.
·         Menurunkan kadar gula darah. Sinar matahari membantu penyerapan glukosa ke dalam sel-sel tubuh yang merangsang glukosa menjadi glikogen (simpanan karbohidrat dalam bentuk glukosa di dalam tubuh yang berfungsi sebagai salah satu sumber tenaga).
·         Penambahan glikogen di otot dan hati yang dibentuk dengan bantuan sinar matahari ternyata mampu memperbaiki sistem pernapasan, karena meningkatkan kemampuan darah dalam menyaIurkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.
·         Vitamin D yang dibentuk dengan bantuan sinar matahari berfungsi meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh sehingga memperbaiki komponen tulang dan mencegah penyakit rakhitis (pelunakan tulang pada anak-anak), dan osteomalacia (bentuk dewasa dari rakhitis dan disebabkan karena kekurangan kalsium atau vitamin D).
·         Sinar matahari mampu meningkatkan antibodi dengan membentuk sel darah putih untuk melawan substansi asing (seperti bakteri) yang merugikan. Membaiknya sistem pernapasan melalul sinar matahari juga berperan dalam membasmi kuman-kuman secara lebih cepat. Selain itu, sinar matahari juga mampu menurunkan potensi terjangkitflu.
Sinar matahari yang baik bagi kesehatan tubuh, menurut para ahli kesehatan, adalah sinar matahari pagi sampai dengan jam 09.00.

Bahaya Sinar Ultraviolet

Namun, disamping bermanfaat bagi kesehatan, ternyata sinar matahari juga membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit. Dampak tersebut akan terlihat karena adanya pengaruh kumulatif dari paparan sinar matahari. Risiko buruk dan sinar matahari di antaranya adalah kerusakan sel-sel kulit, kerutan dini, bintik-bintik hitam, keratosis actinic, dan kanker kulit.

Kita harus waspada terhadap sinar matahari pada kisaran pukul 9 pagi sampai dengan pukul 3 sore hari. Karena, di antara waktu tersebut sinar matahari mengandung sinar ultaviolet (UV), sinar inilah yang dapat merusak kesehatan kulit.

Paparan radiasi ultraviolet dari sinar matahari berkontribusi paling banyak terhadap kerusakan dini pada kulit. Banyak perubahan kulit yang umumnya disebabkan paparan radiasi UV berkepanjangan. Berdasar laporan WHO pada 2007, mencapai 90 persen kanker kulit karena bahaya sinar ultraviolet. Ultraviolet merupakan salah satu jenis radiasi sinar matahari. Sedangkan jenis radiasi lainnya adalah inframerah (yang memberikan panas) dan cahaya yang terlihat.

Panjang gelombang yang dimiliki sinar ultraviolet akan berpengaruh terhadap kerusakan kulit. Semakin panjang gelombang sinar UV, semakin besar dampak kerusakan yang ditimbulkannya pada kulit.

Tiga jenis radiasi ultraviolet berdasarkan panjang gelombangnya, yaitu:

·         UV-A adalah sinar ultra violet dengan panjang gelombang paling pendek, yaitu antara 100-290 nm. Sinar UV  inilah yang paling banyak menimbulkan radiasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa UV-A adalah penyebab utama kerusakan kulit dan kerutan, radiasi UV-A mampu menembus kedalam kulit. Selain itu, UV-A dapat menembus kaca.

·         UV-B adalah sinar ultra violet dengan panjang gelombang sedang, yaitu antara 290 – 320 nm. Sinar UV-B ini  memiliki intensitas tinggi antara pukul 10 pagi sampai pukul 2 siang hari (saat matahari terik). Sebagian besar UV-B ini terbiokir oleh lapisan ozon di atmosfer dan sinar ini tidak bisa menembus kaca.

Sinar UV-B Mengakibatkan efek kemerahan pada kulit, memicu eritema, katarak, memicu pertumbuhan kanker kulit. Dalam jumlah kecil, radiasi UV-B bermanfaat untuk sintesisvitamin B dalam tubuh.

·         UV-C adalah sinar ultra violet dengan panjang gelombang paling-panjang, yaitu antara 320 — 400 nm. Radiasi UV-C ini menyebabkan kerusakan terbanyak. Untungnya, sebagian besar sinar ini terblokir di lapisan ozon atmosfer. Dikhawatirkan penggunaan bahan bahan kimia dewasa ini menimbulkan kerusakan pada lapisan ozon yang membuat lolosnya banyak UV-C ke bumi dan menimbulkan berbagai dampak merugikan pada manusia.


DAFTAR PUSTAKA

http://lifqual.com/bahaya-sinar-ultraviolet/ ( Di Akses Rabu, 11 Maret 2015, Jam 18:59 )

1 komentar:

PT. TWIN Logistics mengatakan...

Dear : Custumer Import & Domestics
Kami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.



Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

Best Regards,

Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id

Posting Komentar